Chat with Zara

Semua tulisan di blog ini adalah milik Zara Zettira ZR, dilarang menggandakan tanpa seizin penulis. Untuk isi iklan dan widget yang digunakan dalam blog bukan merupakan tanggung jawab penulis.
Ketik nama di kolom join chat, kalau jodoh ya bisa ketemu dengan Mbak Zara. Kalau belum ketemu tidak apa-apa, tunggu jadwal chat online bareng nanti ya.

Rabu, 01 Juli 2009

Brambang

Anakku yg kecil (Zsolti - cowok 8 tahun) pulang sekolah jempolnya di band aid (plester). Terus aku mau buka dia nggak kasih, takut sakit. Rupanya jempolnya tu ketusuk sesuatu dan sesuatu itu nyelip dalam kulit ari-arinya. Pastinya sakit banget kan dan harus dikeluarin. Kalo bahasa Inggrisnya itu 'sliver' . Bahasa Indonesianya aku nda tau malahan :) Mungkin 'kebeler' gitu kali ya?

Anyway, aku juga pernah ngalamin (sering). Dan biasanya dulu waktu kecil tu suka digosokin brambang (bawang) . Katanya brambang itu kan panas hawanya, jadi membuka pori-pori kulit (ari) dan memudahkan potongan yg menusuk itu keluar. Ndilalah dulu itu ya di gosokin brambang aja bener sembuh. Jadi aku bilang sama anakku, mau nda digosokin onion?

Jadi ada dua options, pilihan pertama ikut metode tradisional pilihan kedua ya dicabut pake pinset kecil(yg biasa dipake buat nyabutin alis tu lo....) Anakku milih dua-duanya :) Alasannya gini (ni cara berpikir anak 8 tahun he..he ) : kalo digosokin bawang trus ditarik/cabut pake pinset lebih cepet dan maksimal hasilnya karena menggabungkan dua metode. Canggih ya cara mikirnya? :):)

Maka pergilah kami ke supermarket beli bawang sebiji. Di rumah aku potong kecil bawangnya trus tak gosokin di jempolnya. Kira-kira 2 menitan lah. Trus bener, mulai keliatan itu 'ujung' benda yang menusuk & terperangkap di bawah kulit ari nya Zsolti. Artinya permukaan kulis bener memuai/membesar porinya sehingga ujungnya mulai nongol. Very small..nda bisa di raih pake pinset :) Ya terus di gosok lagi pelan-pelan sambil di pijet-pijet gitu biar ujungnya keluar makin panjang he..he...

Akhirnya keluar juga cukup panjang sehingga bisa aku jepit pake pinset dan ditarik keluar TANPA RASA SAKIT (ya karena pori kulit sudah membesar nda menjepit nge-press lagi kan?)

It was an awesome experience...just a small thing... Anakku jadi percaya sama brambang /bawang dan khasiatnya. Besokannya dia cerita sama temen-temen bahkan gurunya. Temen-temen seumurannya takjub dan banyak bertanya-tanya (tertarik) tapi gurunya hanya tersenyum dan mengatakan pengobatan dengan bawang itu 'superstitious' :):) Maksudnya nda percaya gitu lah kira-kira.

Lesson to learn-nya bukan soal bener apa nda Brambang tu bisa ngobatin sliver tapi, betapa bedanya cara berpikir anak anak yg masih polos dengan kita orang dewasa (dalam hal ini sang guru). Anak-anak selalu positif...tidak pernah menutup diri pada hal-hal yang baru. Rasa ingin tahu besar dan selalu terbuka untuk mengetahui hal hal baru. Sementara kita yang sudah dewasa suka berasumsi... secara tidak sadar asumsi suka mebuat kita 'menutup diri' dari kesempatan mempelajari hal hal baru. Karena dulu nda pernah diajarin disekolah maka sekarang tak percaya.

Tapi anakku yang udah ngalamin sendiri tentu aja percaya banget :)

3 komentar:

  1. duh ibu..di rumah gak ada persediaan brambang? hehehe..emang boleh ya ke supermarket beli brambang sebiji doang? Heheh..salam kenal

    Riris

    BalasHapus
  2. RIRIS hi..hi.. iya di rumah jarang brambang nyetok.. yg slalu ada garlic tuh (bawang putih) kalo bawang merah/bombay cepet rusaknya jadi kalo pas perlu aja baru beli gitu :):)

    BalasHapus
  3. Mbak, emang kalau masak gak pake bawang yah? eh, dah di jawab di atas hehehe...

    lah, makanya banyak orang dewasa yang lebih ngeyel berbanding anak kecil. Bener gak mbak? hehehe...

    BalasHapus

Untuk komentar yang menggunakan id Anonymous harap cantumkan nama.

Custom Search

ShareThis